Posts Tagged ‘Mercon’

Petasan Ramadhan III

Posted: Agustus 15, 2012 in Sosial
Tag:, ,

Petasan Ramadhan III

 

Masih bersama dua kakak beradik yang sedang asyik jalan-jalan pagi di seputaran pantai selatan. Mereka ingin menyaksikan dengan mata kepala sendiri tentang pesta mercon, seperti yang banyak dibicarakan anak muda didesanya. Anak – anak muda dengan semangat merobek-robek buku untuk membuat mercon, hmm. Bahkan sampai pernah ada kertas untuk membuat mercon ternyata ada tulisan arabnya. Ini kutipannya,

 

LHOKSUKON – Warga Keude Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, Minggu (29/7), menemukan kertas bertulisan arab yang dijadikan sebagai pembalut mercon. Warga menduga, kertas dimaksud merupakan sobekan lembaran Kitab Suci Alquran.

Pembalut mercon bertulisan arab dimaksud ditemukan Nurdin (32), pedagang asal Paya Dua Uram, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara. Sontak, dia syok melihat temuannya itu. Kemudian, Nurdin menyerahkan sobekan kertas dimaksud kepada Ketua Pasar Peukan Panton Labu, Mahmuddin (45).

 

More info please visit: http://aceh.tribunnews.com/2012/07/30/kertas-betulisan-arab-jadi-pembalut-mercon

 

Mbilung: hayo ngono kuwi kang, nek wes kebelet pengen gawe mercon, sak kertas-kertase dinggo..

Togog: hmm, soyo meneh kertas Al-Qur’an yo Lung?

Mbilung: lha iyo kang, lha kertas-kertas buku pelajaran yo melu disuwek’i og..

Togog: nek ngunu, menurutku malah mending kembali pada jaman dulu, pake bambu bikin kayak meriam. jenenge opo aku kok lali,

Mbilung: oalah, long opo ngono yo kang? aku yo malah lali..hehe

Togog: hmm…

Petasan Ramadhan II

Posted: Agustus 13, 2012 in Sosial
Tag:, , ,

Petasan Ramadhan II

 

Pagi itu dingin seakan tak permisi dulu untuk menyeruduk kedalam tulang. Memang, katanya hanya kota ini yang disinggahi dingin. Tak kota lain dipulau “dek kapal Nuh” ini. Dan seperti biasa, dua orang laki-laki berjalan bareng menyusuri aspal lebar, proyek jalan lintas selatan yang belum rampung. Mereka sengaja gag ikut ceramah subuh, dikarenakan ini adalah hari minggu, hari dimana dipagi uthuk-uthuk banyak muda-mudi hilir beriringan naek motor pergi ke aspal ini. Ya hanya sekedar nongkrong, mejeng, bertemu dengan temannya, atau yang sedang dicari oleh Togog dan Mbilung, “PESTA MERCON”!

 

Mbilung      : wah kang, uadeem tenan ki… jan, mau malah lali ra nggowo jaket.

Togog         : hu’um Lung, aku ki nganggo jaket, tapi njero ora rangkepan blass. Hayoo malah le silirr ngene ki??heheh

Mbilung      : kang, by the way iki kok aku belum dengar suara ‘BOM’ petasan ya?

Togog         : haissh, lha jelas belum no, kita kan terlalu mruput kesini. Tadi tuh mending kita dengerin dulu ustad muda yang ceramah itu. Lha kamu malah ngajak mbolos ceramah subuh.

Mbilung      : heheh, iyo ig kang. Lha begitu aku tau yang ngasih ceramah ustad itu, aku langsung ber negative thingking je. Mending dari pada didalem masjid aku nggrundel dan misuh-misuh dalam hati mending aku ngajak sampeyan tadabur alam sambil olahraga. Menikmati indahnya suasana pagi dibulan suci yang penuh hikmah ini, ditemani suara ombak yang merdu sekali. Kita berjalan menyusuri aspal yang belum jadi. Maksud hati ingin mencari ridho Illahi. Namun, dingin yang menghampiri..

haiyyaahh… iso berpuisi aku kang.. jiguurr ig!

Togog                   : hahah, gayamu Lung…

 

 

Kedua lelaki itu terus dan terus berjalan. Hingga tak lama berselang, terdengar suara rombongan sepeda motor memecahkan keheningan ombak pagi. Terlihat banyak muda-mudi baik yang masih lengkap dengan atribut peribadahannya ataupun yang memakai pakaian anak kecil(hot pants_red). Mereka langsung menempatkan diri membariskan rapi sepeda motornya di tepian jalan aspal. Ada salah satu dari mereka tiba-tiba berlari agak menjauh dari kerumunan dan mengeluarkan semacam tabung berwarna putih. Oalaah, ternyata mercon buatan ndiri alias hand made.heheh. Sejurus kemudian anak itu menyalakan korek dan menyulut sumbu mercon yang agak gede itu. Tak lama berselang,setelah anak tadi lari menjauh dari mercon, dduuooorrrrr… terdengar dentuman keras bak granat yang meledak di belahan bumi seberang sana. Sontak, Togog dan Mbilung pun kaget, karena mereka tidak tau kalau ada yang menyalakan petasan.

Mbilung           : assuuu bajingaaannn…. Kaget tenan aku..

Togog              : hush, poso – poso kok malah misuh ki piye?? Nyebut kalimat toyyibah sekk..!!!

Mbilung           : astagfirullah…masyaallah… aku khilaf kang :p

Togog              : khilaf kok mbendino :p

Mbilung           : heheh, eh kang, aku tak tekon, berarti nek gag poso oleh misuh?

Togog              : oleh, nek awakmu terdzolimi ato teraniyaya trus koe wes gag iso piye – piye meneh, tur leh mu misuh ki misuhi awakmu       dewe, ora misuhi liyan.

Mbilung           : ooh, ngono..

Togog              : iyo..

Selang beberapa saat sudah berderet-deret anak muda disepanjang aspal yang belum jadi ini. Setelah itu pun bunyi ledakan petasan bersahut – sahutan. Seakan –akan terjadi lomba petasan. Ya, kalau diambil sisi negative nya emang ada, mereka anak muda itu mengganggu pemakai aspal laen yang sedang lewat. Namun, lumayan mereka membuyikan petasan kalau niatnya untuk mengkontemplasi saudara-saudara mereka dibelahan dunia yang – tidak hanya dengar suara petasan saja, tapi Bom, granat, rudal, tembakan senjata otomatis, yang mudah saja membikin tubuh hancur berkeping-keping. Semoga Allah selalu memberi rahmat kepada saudara – saudara kita disana. Allohumma Amiinn…

 

 

 

 

 

 

 

Bersambung…

Petasan Ramadhan

Posted: Agustus 11, 2012 in Tak Berkategori
Tag:, ,

baru saja terdengar suara petasan alias mercon, dalam bahasa Jawa. suaranya nggandem dan mantab. terang saja Togog dan Mbilung langsung terlibat asyik dalam obrolan. adalah suatu malam dibulan Ramadhan disebuah sudut kampung, Togog dan Mbilung sedang berjalan bareng.

Togog: wah Lung, tadi suara petasane jann.. jooss tenan! iso le njeglug..

Mbilung: opo kang? njeglug??? wkwkwkwk koyo voly wae njeglug. tapi iyo je, kae mau jan apik tenan, nek tak roso-roso yo pinter sek gawe mercon kang.. nanging, mugi-mugi wae le do dolanan mercon do ngati-ati.. lha bahaya je…

Togog: bahaya pie Lung?

Mbilung: lha sek jenenge mercon ntar nek pas lagi bikin alias ngacik, trus meledak lak yo iso rampal tangane ta kang? biyen aku sering krungu, enek wong sek gejeblugan mercon pas lagi gawe, pas lagi nyumet, yo ngono kui lah..medeni tenan lho kang… contho gambare tangan sek kenek jeblugan mercon koyo ngene iki kang..

Togog: lha kok medeni tenan Lung????

Mbilung: lhaa.. medeni ta??? mulakno kui, nek do dolanan mercon kudu bener-bener ngati-ati.. nek teledor setitik wae iso menyebabkan bahaya…

Togog: hehehehe, ndengaren koe mletik Lung???

Mbilung: asem ig… lha yo biasane yo mletik ta kang??

Togog: mletik nek urusan duit! :p

Mbilung & Togog: hahahahahhah……

bersambung…